Siapa sih yang tidak akrab dengan nama
Martha Tilaar, namanya sudah sangat populer, ia dikenal sebagai seorang
pengusaha wanita yang sukses, bisnisnya bergerak di bidang kosmetika dan juga
produk jamu. Brand awal yang dikeluarkan perusahaannya dan masih eksis hingga
sekarang adalah Sariayu, yang kini seiring kesuksesannya ada beberapa brand
lain di bawah naungan perusahaan kosmetik Martha Tilaar yang tentunya
disesuaikan dengan segmen pasarnya masing-masing. Wanita kelahiran Kebumen, 4
September 1937 ini menikah dengan H.A.R Tilaar dan dikaruniai empat orang anak
ini juga tercatat sebagai pemilik usaha kerajinan di Yogyakarta serta Kampung
Jamu Organik yang berlokasi di Cikarang, Bekasi.
Siapa sangka, seorang pemilik bisnis kosmetik sukses ini dulunya adalah
gadis yang tomboy, masa kecilnya akrab dengan kegiatan seperti misalnya
memanjat pohon, kulitnya pun berwarna gelap karena kebiasaannya beraktivitas di
luar rumah. Ketika beranjak jadi remaja, sang ibu mulai mengenalkannya kepada
kegiatan yang lebih membutuhkan sentuhan tangan wanita seperti berdandan,
meracik jamu, memasak, dan lain sebagainya. Yang menjadi titik puncak ia lebih
mengenal bahan-bahan kecantikan dan jamu-jamu tradisional ketika dirinya dan
suami dihadapkan pada kenyataan pahit bahwa ia dan suami dinyatakan tidak bisa
memiliki keturunan. Bermodal ilmu yang diajarkan sang ibu dan nenek, serta
keyakinannya akan keajaiban Tuhan, Martha berhasil meramu sendiri resep jamu
yang kemudian membuahkan hasil lahirlah putri pertama mereka yang diberi nama
Wulan Tilaar. Dari sinilah kemudian di tahun 1970 ia kemudian memutuskan untuk
membangun bisnis yans serius dengan basic ilmu yang ia miliki. Usaha salon
kecil-kecilan pertamanya ia buka di garasi rumah orang tuanya di kawasan
Menteng, Jakarta. Jatuh bangun ia dalam memajukan bisnis ini, dulu banyak orang
tidak yakin akan produk hasil racikannya bahkan memandang sebelah mata, namun
kerja keras dan kegigihannya yang luar biasa itu tentulah lambat laun menuai
hasil, buktinya produknya yang tidak hanya seputar produk herbal tapi juga
produk kecantikan sudah bisa dinikmati wanita Indonesia hingga mendunia. Tak
hanya sukses berjualan, PT. Martina Berto dibawah asuhannya ini menjadi pabrik kosmetik
pertama di Indonesia yang memperoleh 9001 Certification in ISO 2000. Perusahaan
ini juga menjadi satu-satuya pendiri Global Compact PBB dari Asia yang
mendapatkan sertifikat ISO 14001 dan sertifikat GMP karena memiliki cara
produksi kosmetika dan obat tradisional yang baik, sesuai standar kesehatan
sehingga aman digunakan. Tidak heran bila tahun 2008 ia dianugerahi penghargaan
“Most Admired Enterprise di ASEAN” untuk kategori inovasi dari Asean Bussiness