CONTOH LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI SMK
TUGAS LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI SMK
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMKN 2 PINRANG
LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI
Di
-Graha phena telkomsel(fajar tv)
Alamat: Jl urip sumoharjo
-Depertemen pusat jaringan telkomsel se sulselbar
Alamat:Jl pengayoman
-Gedung miring(baruga telkomsel)
Alamat: Jalan
Andi Pangerang Pettarani, ,
-Fajar tv(harian fajar)
Alamat:Jl urip sumoharjo
Pada Tanggal
3 Januari 2012
LOGO SMKN 2 PINRANG
Di Susun Oleh :
Muh.Akram
KELAS : X TKJ 2
JURUSAN : TKJ
SEKOLAH NENGAH KEJURUAN (SMK)
SMKN 2 PINRANG
JALAN KESEHATAN
TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan ini
disusun untuk memenuhi tugas
setelah melaksanakan kunjungan industri.
Laporan ini disahkan pada :
Hari :
Tanggal :
KETUA
JURUSAN: GURU
PEMBIMBING:
MUHAMMAD
SABIR S.KOM
SYAMSUL
BAHRI,S.IP.SE
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT atas segala anugerah- Nya yang telah dilimpahkan kepada
penyusun, sehingga penyusun mampu menyelesaikan penyusunan laporan ini dengan
lancar dan baik.Makalah ini di susun dalam rangka memenuhi tugas dari guru
pembimbing.
Penyusun sepenuhnya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, serta
masih banyak kekeliruan dan kesalahan. Oleh karena itu dengan tulus hati serta
penuh pengharapan penulis senantiasa mengharapkan saran dan kritik dari pihak
manapun juga demi kesempurnaan penyusun lebih lanjut.Semoga tulisan yang
sederhana yang disertai keterbatasan penulis, bermakna bagi pembaca demi tugas
pelayanan terhadap sesama di dalam segala bentuk kehidupan, karena kita makhluk
yang saling melengkapi dan membutuhkan.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Kunjungan
industry ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan dan untuk menjadi ajang
pendorong motivasi bagi siswa agar lebih bisa meningkatkan prestasi
belajarnya.
Kunjungan industry ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan motivasi
sekaligus
pengetahuan siswa. Kegiatan seperti ini patut menjadi contoh bagi kalangan
siswa dan guru-guru yang lainnya. Agar para siswanya memperoleh pengetahuan
yang lebih dan mempunyai motivasi untuk belajar dan bekerja dengan semaksimal
mungkin dan agar mempunyai inspirasi untuk kehidupan yang akan datang…
BAB II
PEMBAHASAN
Laporan
Kunjungan Industry Di
-Graha phena telkomsel(fajar tv)
-Depertemen
pusat jaringan telkomsel se sulselbar
-Gedung
miring(baruga telkomsel)
-Fajar tv
Pada tanggal 2 januari 2012, Kami Keluarga besar TKJ tahun ajaran 2012/2013 ,
Mengadakan Kunjungan industry di di beberapa gedung telkomsel . Kegiatan ini
dilaksanakan untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Memberi MotivasiBagi Siswa yang
berkualitas seutuhnya.
Kami berangkat dari sekolahan pukul 24.00 Wib (malam) dan kita sampai di gedung
graham phena makassar pukul 09.00 Pagi.
Sejarah Telekomunikasi Selular yang Menyatukan
Bangsa
Telkomsel
didirikan pada tahun 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan
telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk mencapai visi tersebut,
Telkomsel terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru
Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi
pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk
yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di
Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba
teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor
penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station
(BTS). Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan
utama pelanggan di seluruh Indonesia.
Memasuki era
ICT (Information and Communication Technology), Telkomsel terus mengoptimalkan
pengembangan layanan di Indonesia dengan memanfaatkan potensi sinergi
perusahaan induk yaitu PT Telkom (65%) dan SingTel Mobile (35%).
v KANTOR
GRAHA PENA(FAJAR TV)
T elkomsel
Di kantor
graha phena memperkenalkan cara
internetan,facebook,tweter,chating dan email dengan kartu FACEBOOK
Keuntungan
kartu facebook adalah
Ø Facebook
gratis selama kartu masih aktif
Ø Setiap
dua kali sms gratis 100 sms
Ø Harga
Rp.3000
Ø Isi
pulsanya 3000
Ø Gratis
10 mb
Ø setiap
isi pulsa gratis poin
Ø Isi
Pulsa Perdana : Rp.3000 plus bonus yang lainnya.
Ø Memang
khusus dibuat untuk Facebook_
Ø Dan
beberapa fitur layanan lainnya, seperti : SMS, MMS, Dunia 3G, Roaming
Internasional, Transfer Pulsa, SNC Packge, Telkomsel Poin, SMS Translator, SMS
Pro, dan masih banyak lagi fitur-fitur menariknya yang tidak saya sebutkan.
Owh iya
hampir lupa ada yang unik dengan Kartu Facebook Telkomsel ini, kalau biasanya
nomor Telkomsel itu untuk melakukan cek pulsa biasanya kita menekan tombol
*888# tapi untuk Kartu Facebook Telkomsel ini berbeda, berikut cara mengecek
pulsanya
*388#
Untuk Cek Pulsa dan Pemakaian BUlanan
*387#
Untuk mengetahui pemakaian terakhir
*389#
Untuk mengetahui sisa bonus
*808#
Untuk Mengetahui Nomor Kartu Facebook Telkomsel anda.
Sejak
diluncurkan beberapa waktu lalu, kini kartu perdana Facebook Telkomsel dapat
diperoleh di GraPARI dan sejumlah outlet penjualan kartu perdana terdekat yang
tersebar di seluruh Indonesia. Pengisian ulang pulsa kartu Facebook juga
dapat dilakukan dengan menggunakan seluruh pecahan voucher elektronik
Telkomsel. Di samping itu, tersedia pula voucher fisik kartu Facebook dengan
denominasi Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, Rp 25 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu.
Pengisian ulang pulsa dapat dilakukan dengan menekan *133*(kode voucher)#
atau tekan 388 dari ponsel, lalu ikuti petunjuknya.
Untuk
mengecek isi pulsa, pelanggan dapat mengakses *388# langsung dari ponselnya.
Pelanggan juga dapat melakukan pengecekan transaksi terakhir dengan mengakses
*387#. Sedangkan untuk mengetahui informasi sisa bonus yang dapat digunakan,
pelanggan bisa
memperolehnya
dengan menekan *389#.
· Telkomsel
Raih 3 Gelar The Best ICSA 2011
PRODUCT
TELKOMSEL
|
Kartu
Facebook dari Telkomsel adalah satu-satunya kartu prepaid GSM di Indonesia
yang bekerja sama resmi dengan Facebook. Selain bisa Facebook-an gratis,
Kartu Facebook bisa juga dipakai untuk telepon, sms dan internetan murah.
|
|
Nikmati
nyamannya berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat dengan layanan pasca-bayar
(post-paid) kartuHALO dari Telkomsel. Dengan dukungan
jaringan terluas dan kualitas terbaik, kartuHALO adalah
pilihan yang tepat untuk seluruh
|
|
simPATI adalah layanan pra bayar
(pre-paid) dari Telkomsel untuk anda yang berjiwa modern dan dinamis. Nikmati
mudahnya bicara, akses data, messaging, dan berbagai layanan terbaik lainnya
hanya dari simPATI.
|
|
Nikmati
layanan pra bayar (pre-paid) kartu As dari Telkomsel. Dengan
tarif yang kompetitif didukung oleh jaringan terluas, dapatkan berbagai
kemudahan berkomunikasi dengan teman dan keluarga.
|
|
Telkomsel
flash untuk
berbagai layanan data dan akses internet cepat, mudah, dimana saja, dan kapan
saja.
|
|
Nikmati
berbagai pilihan dan layanan untuk berbagai solusi komunikasi anda dengan BlackBerry
Internet Service (BIS) dan BlackBerry Entreprise Service
(BES) hanya dari Telkomsel.
|
v KANTOR
DEPERTEMEN JARINGAN TELKOMSEL SE SULSELBAR
(PUSAT JARINGAN TELKOMSEL)
Perangkat
keras jaringan telkomsel
SENTRAL
TELKOMSEL
Ø MSC
: Fungsihnya sebagai central utama dari jaringan
Ø RF
:(Right power) untuk mengubah as ke dc
Ø USP
: (BATREI) Untuk menyimpan arus listrik
Ø Panel
Distribution: Untuk pembatas arus
Ø DDF:
untuk menyambung listrik
Ø Router:untuk
menyimpan data
Ø BTS
:Untuk server
Ø BSC
: untuk mengatut bts
Ø Msc:
untuk mengatur panggilan
· BRTI adalah
Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, yang merupakan badan Independen yang
dibentuk dan diberi tugas oleh pemerintah atas pelaksanaan dan pengendalian
Industri Telekomunikasi di Indonesia.
· CDR
(Call Data Record) adalah Perekaman Data Trafik interkoneksi
yang mencatat A#, B#, tanggal, start time, durasi dan identifikasi lokasi POI
· Common
Channel Signalling Number 7 (CCS #7) adalah suatu sistem
pertukaran informasi yang diperlukan bagi pembentukan, pemantauan dan
pembubaran hubungan melalui jaringan (signalling) nomor 7.
· DDF atau Digital
Distribution Frame adalah perangkat yang digunakan sebagai tempat
untuk menghubungkan suatu jaringan telekomunikasi dengan jaringan
telekomunikasi yang lain.
· Dimensi
Interkoneksi adalah jumlah/kapasitas sirkit/kanal telekomunikasi atau
junctor yang digunakan untuk penyaluran Panggilan Interkoneksi.
· Direktur
Jenderal adalah Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika
· Fiber
Optic adalah setiap bagian dari kabel serat optik yang dialiri
sinyal cahaya dan digunakan satu arah transmisi.
· Fiber
Optic Core Last Mile adalah Fiber Optic yang menghubungkan dari
Man Hole ke DDF yang disewakan Pemilik FPI ke Pengguna FPI.
· File
Tagihan Layanan Penyelenggara adalah Rekaman data-data panggilan yang
rinci dari layanan interkoneksi yang diberikan oleh suatu Penyelengara kepada
Penyelenggara lainnya.
· Fasilitas
Penting bagi Interkoneksi (FPI) adalah fasilitas penting bagi
interkoneksi guna memasang, mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan peralatan
yang diperlukan untuk menyalurkan trafik interkoneksi yang dapat berupa Sarana
Penunjang (“Sarpen”) dan/atau Sarana Telekomunikasi (“Sartel”) milik salah satu
Pihak yang dapat digunakan oleh Pihak lainnya secara sewa sesuai dengan tarif
yang disepakati oleh Para Pihak.
· Fraud adalah
tindakan ilegal oleh salah satu Pihak yang secara sengaja dilakukan dengan
berbagai cara yang dapat mengakibatkan kerugian bagi Pihak lainnya.
· Fixed
Wireless Access (FWA) adalah Penyelenggara Jaringan
Telekomunikasi Tetap Lokal tanpa kabel dengan mobilitas terbatas.
· Fixed
Wireline (FWL) adalah Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi
Lokal Tetap berbasis kabel.
· Fint2M adalah
penggilan terminasi dari penyelenggara sambungan internasional ke Telkomsel
· F2M adalah
panggilan terminasi dari penyelenggara FWL/FWA ke Telkomsel
· Gangguan adalah
setiap halangan dan/atau tidak tersedianya pelayanan (perhubungan terputus)
berdasarkan Perjanjian ini yang disebabkan oleh tidak berfungsinya sarana
Telekomunikasi.
· GSM atau Global
System for Mobile Communication adalah sistem telepon bergerak
yang menggunakan teknik digital selular yang menggunakan pita frekuensi 900MHz
dan/atau 1800MHz.
v FAJAR
TV(Harian fajar)
Pada tahun
1967 Yayasan penerbit surat kabar mingguan dengan namaYayasan Penerbit Express
didirikan oleh Harun Rasyid Djibe. Adapun surat izinterbitnya adalah SIT nomor
0565/Pers/SK/Dirjen-PP G/IT/1967. Beberapa tahunkemudian surat kabar mingguan
ini berubah menjadi harian berdasarkan suratkeputusan Menteri Penerangan RI.
Nomor 0565/Pers/SK/Dirjen-PG/SIT/1972tanggal 28 Maret 1972 dan surat izin cetak
pelaksanaan khusus Panglima KomandoPemulihan Keamanan dan Ketertiban Daerah
Sulselra Nomor Kep/29/Kamd/STC/1974 tanggal 30 Juli 1974.
Tahun 1981
Harian Express mengalami kesulitan dana, sehingga terbit tidak teratur. Di
akhir tahun 70-an maupun 80-an Harian ini tidak terbit. Tahun 1981,Harun Rasyid
Djibe memohon surat izin penerbitan kembali surat kabar Harian
Express
bekerjasama dengan Muh. Alwi Hamu dan S. Sinansari Ecip.
Adapun nama
yang dipakai Harian itu bukan lagi Harian Express
Nama
yangdipakai adalah Harian Fajar
Mulai pada
tanggal 17 Agustus 1981 Harian Fajar terbituntuk pertama kalinya secara
berkenalan dan coba-coba. Baru pada tanggal 1 Oktober 1981 Harian Fajar
terbit dengan resmi. Adapun tirasnya waktu itu sekitar 5000eksemplar. Pada saat
ini Harian Fajar masih dibawah naungan Yayasan Express.
Nama Harian
Fajar dipilih karena pada waktu itu dilakukan permohonan untuk menerbitkan
kembali Harian Express dan harus dengan nama yang baru.
Dan nama
“Fajar” mengandung arti filosofis. Fajar terbit dari belahan timur Indonesia,.
Sehinggadari bagian wilayah timur Indonesia diharapkan Harian Fajar menjadi
penerang bagialam sekitar yakni wilayah timur Indonesia khususnya.
Adapun
segmen pembacanya adalah masyarakat golongan menengah ke atasdengan materi
berita politik, ekonomi, olahraga, sosial dan budaya serta
masalah perkotaan. Setelah empat tahun Harian Fajar berjalan, tepatnya
pada tahun 1984terjadi perubahan atas undang-undang pokok Pers serta
dikeluarkannya PeraturanMenteri Penerang RI Nomor: 01/Pers/Menpen/1984 tentang
Surat Izin PenerbitanPers (SUIPP) sebagai pengganti Surat Izin Terbit (SIT).
Mulai saat itu digunakannama PT. Media Fajar sebagai penerbit bukan lagi
Yayasan Badan Penerbit Express .Hal ini disahkan berdasarkan Surat Keputusan
Menteri Penerangan Nomor:050/SK/Menpen/SIUPP/A.7/1986 tanggal 8 Maret 1986.
Tahun 1987
Harian Fajar kembali mengalami kemunduran karena faktor pendanaan
yang tersendat-sendat. Karena itulah pada Tahun 1988 Harian
Fajar berusaha untuk bangkit kembali dan bergabung dengan perusahaan
lain dalam satugrup yang lebih dikenal dengan sebutan Jawa Pos dan Tempo. Yang
termasuk dalamgrup ini antara lain Suara Indonesia yang terbit di Surabaya,
Harian Fajar diMakassar, Manuntung di Balikpapan.
Pada 1
Oktober 1988 Harian Fajar kembali bangkit setelah mendapatkansuntikan dana dari
Jawa Pos. Jajaran Personalia mengalami perubahan, begitu pun teknologi yang
digunakan semakin baik. Sebagai konsekuensi dari kerja sama denganJawa Pos maka
PT. Media Fajar dibawah pengawasan Jawa Pos.
Sasaran
pembaca Harian Fajar tercermin dari hasil survei, baik yang dilakukanoleh
Litbang Harian Fajar sendiri maupun oleh lembaga survei independen di luar Harian
Fajar. Sejumlah 74 persen masyarakat pembaca Sulsel membaca Harian
Fajar. Nelson dalam surveinya menempatkan Harian Fajar di urutan 5 koran
terbesar di luar Jawa dan urutan 14 koran terbesar Indonesia.
v KANTOR
BARUGA TELKOMSEL(GEDUNG MIRING)
CARA
BERGABUNG DENGAN TSC(TELKOMSEL SCHOOL COMMUNITY)
Cara Bergabung TSC
Ayo buruan
gabung di TSC (Telkomsel School Community) untuk bisa dapetin berbagai
fasilitas fun n seru dari Telkomsel
Caranya :
Ketik : SEKOLAH<spasi>ID ,kirim SMS ke 2323
(GRATIS)
Ayo buruan
gabung di TSC (Telkomsel School Community) untuk bisa dapetin berbagai
fasilitas fun n seru dari Telkomsel Caranya : Ketik : SEK…
Overview
Raih kesempatan emas ini! Telkomsel akan mewujudkan impianmu belajar sambil jalan-jalan
ke Singapura dan Hong Kong. GRATIS! Ji…
contoh :
1)
REG#FULAN#L#Keputih Surabaya- Mahasiswa ITS#fulan@yahoo.com (isi lengkap)
2)
REG#FULAN#L#Keputih Surabaya – Kerja Swasta#- (isi dengan tanda “-” jika tidak
memiliki email)
kemudian
kirim sms tersebut ke nomor TSC : 083 8310 44045
Jika masih
bingung cara mendaftar, anda bisa mendaftar ke TSC melalui form yang sudah kami
sediakan di sidebar sebelah kanan “DAFTAR ANGGOTA SMS TSC” website TSC ini.
Program dari
TSC semuanya gratis, sehingga tidak perlu khawatir akan ada
pengurangan/pemotongan pulsa dari kartu anda.
Ø T –
CASH
T-Cash
Telkomsel Cash adalah suatu layanan yang memungkinkan pelanggan untuk
menggunakan mobile phone-nya (MSISDN) melakukan transaksi seperti pembelian,
pembayaran, dan lain sebagainya. Layanan baru ini dapat dinikmati melalui dua
cara, yaitu secara offline atau secara online. Secara offline, pelanggan dapat
menggunakan kartu yang berisi sejumlah nilai uang, yang bisa digunakan untuk
melakukan transaksi pada merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan
Telkomsel. Secara online, layanan ini dapat dinikmati melalui USSD, SMS.
Salah satu keuntungan praktis lain dari layanan ini adalah, bahwa pelanggan
tidak perlu membawa uang tunai untuk melakukan pembelian.
Keuntungan
menggunakan T-Cash:
- Cash-in (penukaran uang tunai
menjadi uang elektronik)
- Check Balance (cek status sisa
saldo)
- Purchasing (pembelian)
- Recharge (isi ulang pulsa kartu
prabayar)Note : Nilai denominasi untuk isi ulang pulsa simPATIyang
tersedia adalah Rp 20.000 dan Rp 50.000, sedangkan untuk isi ulang
pulsa Kartu As, pilihan yang tersedia adalah Rp 25.000 dan Rp
50.000
Aktivasi
T-Cash :
1. Aktivasi
T-Cash dengan menghubungi *828*1# tekan call/yes
2 . Isi Saldo Uang Elektronik T-Cash di GraPARI atau merchant-
merchant yang
sudah bekerjasama dengan Telkomsel
3. Setelah pelanggan mempunyai uang elektronik, maka pelanggan
bisa
melakukan transaksi
Pembelian Token
PLN Prabayar
Ketik : Pay<spasi> PLNPRA<spasi> No.Meter<spasiIN<spasi>
Nominal Token Kirim ke 2828
Contoh : PAY PLNPRA 1234567890 123456 50000
Anda akan mendapatkan nomor seri token PLN Prabayar untuk dimasukkan ke meteran
Pembayaran tagihan bulanan PLN
Ketik : Pay<spasi>PLN<spasi>No. Pelanggan<spasi>PIN
TCASH Kirim ke 2828
Contoh : PAY PLN 1234567890 123456
Jan 7, 2013 - Maksud dan
tujuan penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini adalah untuk melengkapi
persyaratan mendapatkan nilai kenaikan kelas.
Jul 8, 2013 - BAB I
PENDAHULUAN 1. Latar Belakang a. PT. Amerta Indah Otsuka Kebutuhan akan minuman
atau makanan yang sangat baik bagi ...
Jun 4, 2013 - TUGAS LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI SMKSEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMKN 2 PINRANGLAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI ...
LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL 2013/2014 Nama Nrp
Jurusan Kelas : Adnan Ilman Riawan : 13 – 2013 – 111 : Teknik ...
May 17, 2013 - MADRASAH
ALIYAH DARUL HUDA. KELAS XI D IPA. PENGESAHAN. Laporan kunjungan industri
ini telah diterima dan disahkan pada: Hari :.
May 31, 2013 - Penulis
menyadari bahwa penulisan dan pembuatan laporan kunjungan industri ini
tak lepas dari peran dahsyat orang-orang yang membantu ...
May 6, 2013 - Laporan
ini sebagai perwujudan hasil dari kunjungan ke PT. .... yang terdapat
dalam produk industri. seperti kandungan bijih plastik dan
logam ...
Apr 2, 2013 - LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa. Atas petunjuk-Nya ...
Jan 26, 2013 - LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI. A. Sejarah Singkat Industri. Industri yang kami
kunjungi bernama PT. Caladi Lima Sembilan (c59).
Dec 8, 2013 - Contoh laporan
kunjungan industri. LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI DI. PT. BUKAKA TEKNIK
UTAMA. JL. RAYA BEKASI KM 19,5 LIMUS ...
Adid.ask.com/
Kita carikan Laporan
KUNJUNGAN. Dapatkan jawaban Anda di Ask.com
Searches
related to laporan kunjungan industri