Apa Itu Otak Tengah dan Fungsinya? Apa Itu Otak
Tengah dan Fungsinya? Media Metafisika Add Comment cara, definisi Apa Itu Otak
Tengah dan Fungsinya? Mediametafisika - Baru-baru ini di masyarakat marak
terdapat fenomena yang membuat orang merasa ingin tahu dan merasa gelisah.
Yaitu beberapa anak-anak setelah melalui suatu pelajaran dan pelatihan khusus,
dapat melihat benda sambil menutup mata, membaca tulisan dan lain sebagainya.
Sehingga membuat banyak orang merasa bingung. Menuai berbagai macam reaksi ada
yang sangat gembira, ada juga yang menganggap sebagai aliran sesat; juga ada
yang menganggap sejenis tipu muslihat baru untuk menipu uang orang banyak.
Apakah sebenarnya kejadian seperti ini? Bila merupakan muslihat penipuan,
mengapa tidak ada orang yang menguaknya? Bila benar-benar merupakan
pengembangan daya otak, mengapa dengan menutup mata dapat melihat benda? Tidak
menggunakan mata dapat melihat benda bukankah sebuah fenomena yang menyesatkan?
Untuk memahami fenomena ini, kita perlu terlebih dahulu dijelaskan oleh pendiri
yang mengadakan pelajaran-pelajaran tersebut. Diantaranya adalah ahli teknologi
ilmiah komputer Amerika serta ahli dari Asosiasi Spesialis Komputer Inggris
(MACP) dan juga Pelatih dan Pelaksana Senior Sertifikasi Program Bahasa
Internasional. Melalui penelitian lebih dari sepuluh tahun, mereka berhasil
menggunakan teknologi komputer untuk membangkitkan fungsi potensial dari otak
manusia. Penelitian mereka dikhususkan untuk memperhatikan fungsi dari
mid-brain terletak ditengah-tengah otak kiri dan otak kanan. Fungsi dari
midrbrain adalah sebagai jembatan antara otak kiri dengan otak kanan; dalam
kondisi tertidur, interbrain manusia tidak dapat berkembang secara maksimal.
Oleh karenanya, fungsi interaktif antara otak kiri dan otak kanan mengalami
keterbatasan. Saat ini, banyak ahli meneliti bagaimana membantu keseimbangan
operasional otak kanan dan otak kiri. Dari penelitian selama 25 tahun terakhir,
terdapat 15 orang yang memperoleh hadiah Nobel dari penelitian terhadap daya
otak. Dalam pelatihan dilakukan berbagai pelajaran yang berbeda; seperti
mental-aritmatik, pengembangan seluruh otak dan lain sebagainya. Yang mana
beberapa hal tersebut merupakan hasil dari penelitian. Tujuannya semua adalah
untuk membantu menyeimbangkan penggunaan otak kanan dan otak kiri serta
menggali potensi daya otak; yang mana hasilnya berbeda-beda. Sebuah penemuan
yang baru adalah metode yang berbeda dengan lainnya. Berdasarkan ilmu psikologi
yang luar biasa, teknik kegeniusan mutakhir, neurolinguistik, ilmu komunikasi,
ilmu tingkah laku dan lain sebagainya serta menggunakan teknologi komputer ilmiah
mutakhir, dalam waktu yang sangat pendek yaitu satu setengah hari, dapat
berhasil mengaktifkan midbrain anak-anak. Hal ini merupakan sebuah prestasi
yang dikagumi oleh orang-orang di luar dan di dalam negeri dan juga merupakan
kehormatan bagi umat manusia modern. Umumnya, setelah midbrain diaktifkan, daya
ingat mereka dapat meningkat, daya konsentrasi membaik; daya kreasi bertambah,
gerakan kinetik juga menjadi lebih baik, hormon menjadi seimbang, serta emosi
menjadi stabil dan lain sebagainya. Aktivasi ini sangat jelas terlihat hasilnya
bagi anak hiperaktif maupun anak dengan daya ingat yang lemah. Melalui teknik
Genius Mindâ pelatihan ini disebarluaskan; yang dinamakan dengan Metode Belajar
Midbrain Berdasarkan penjelasan para ahli, setelah midbrain diaktifkan,
midbrain akan dapat mengeluarkan gelombang otak untuk merasakan dan bereaksi
terhadap benda-benda diluar. Dapat dikatakan juga bahwa dengan menutup mata,
masih dapat mengenai benda-benda, huruf, warna dan lain sebagainya. Jadi,
dengan pelajaran dan pelatihan selama satu setengah hari, akan dapat membantu
anak melihat dengan menutup mata.
PERBEDAAN DASAR FUNGSI OTAK KANAN DAN KIRI
Dunia medis di jaman dahulu menganggap bahwa perbedaan fungsi otak kanan dan
otak kiri tidaklah besar. Namun, pada saat ini, perbedaan fungsi otak kiri dan
otak kanan tidak hanya menjadi pengetahuan yang diakui bersama oleh para
praktisi medis pada umumnya, tetapi juga menjadi sebuah cabang ilmu pengetahuan
yang khusus diteliti. Fungsi otak kiri adalah untuk berpikir nalar, analisa,
kemampuan berbahasa dan kemampuan menghitung. Dapat dikatakan juga bertanggung
jawab terhadap IQ seseorang. Seseorang dengan kecenderungan otak kiri yang
lebih dominan lebih egois, mementingkan diri sendiri, mudah iri hati, sombong
dan lain sebagainya. Otak kanan bertanggung jawab dalam emosi, daya intuisi,
daya kreasi, kesenian, kemampuan refleksi, daya ingat, kepribadian dan lain
sebagainya. Yaitu bertanggung jawab terhadap emosi (EQ). Seseorang dengan
kecenderungan otak kanan yang lebih dominan cenderung dapat lebih berperasaan
serta kurang kemampuan manajerial. Pendidikan saat ini kebanyakan lebih
mengutamakan otak kiri. Sehingga mengakibatkan banyak orang tidak percaya
adanya indera intuisi, daya prediksi dan kemampuan perspektif yang merupakan
gejala umum dimana fungsi otak kanan tertekan oleh otak kiri. Tetapi, setelah
midbrain diaktifkan, fungsi dari otak kanan dan otak kiri dapat berjalan secara
seimbang. Otak kiri tidak lagi menekan otak kanan. Kemampuan prediksi, daya
ingat, kesenian dan kemampuan refleks tidak hanya menjadi berkembang, tetapi
kemampuan manajerial dan pemahaman mereka juga dapat terpelihara. Orang seperti
ini akan lebih memiliki rasa cinta kasih, lebih mencintai orang tua sendiri,
termasuk orang yang lebih tua, memiliki kecerdasan dan kerukunan. Memulihkan
potensi awal yang semestinya dimiliki oleh umat manusia.
BAGAIMANAKAH MIDBRAIN
DIAKTIFKAN?
Di masyarakat, terdapat berbagai metode dalam mengaktifkan
midbrain; masing-masing metode memiliki hasil yang berbeda-beda. GMC
menggunakan teknologi komputer yang modern; mengaktifkan midbrain melalui
kolaborasi dan kemanjuran musik, audio dan lain sebagainya. Dengan prinsip ini,
dilakukan pelatihan terhadap janin dengan menggunakan musik Mozart Laporan
menyebutkan bahwa setelah bayi lahir, lebih cerdas serta lebih cepat belajar
dibanding dengan bayi lainnya. Letak perbedaannya adalah bayi yang telah tumbuh
sekarang telah menjadi anak-anak; jadi, musik atau suara yang digunakan perlu
lebih kuat beberapa kali dari musik Mozart. Yang lebih membanggakan adalah:
metode yang digunakan oleh GMC memiliki tingkat keberhasilan mencapai 70-80%.
PERANAN ORANGTUA Bila ingin membantu anak mengembangkan fungsi midbrain,
peranan orangtua tidak boleh diabaikan. Midbrain memerlukan perasaan aman dan
landasan kepercayaan diri dalam mengaktifkan dan mengembangkannya. Perasaan
aman dan percaya diri dalam diri anak berasal dari perlakuan ayah dan ibunya.
Dari segi bahasa, ayah dan ibu menentukan kata-kata anak; hasil yang dicapai
juga jauh lebih efektif daripada banyak perkataan yang diucapkan oleh orang
lain. Oleh karenanya, ayah dan ibu harus memprioritaskan belajar perkataan yang
terpuji dan pasti. Kedua, perlu menyisihkan waktu sedikitnya 20-30 hari untuk
membantu anak berlatih. Setiap hari hanya memerlukan latihan selama 15-30
menit. Banyak orangtua yang beranggapan karena kesibukan hidup tidak memiliki
waktu untuk mendampingi anak berlatih. Tetapi, bila dihitung anak saling
berhubungan dengan orang tuanya seumur hidup misalnya hingga usia 18 tahun, maka
30 hari hanyalah 0.45% dari seluruh waktu tersebut. Bila dalam 30 hari tersebut
dapat membuat anak seumur hidup memperoleh manfaat, mengapa tidak bersedia
meluangkannya? Apalagi dalam satu hari hanyalah memerlukan waktu yang pendek
yaitu 15-30 menit saja. LANGKAH PERKEMBANGAN POTENSI OTAK Langkah aktivasi
midbrain secara sederhana dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu masa kestabilan
awal dan masa pendalaman perkembangan.
1. Masa Kestabilan Awal Setelah
mengikuti pelajaran selama satu setengah hari, midbrain anak akan teraktivasi.
Anak dapat merasa sangat gembira juga sangat menarik. Para orang tua juga dapat
merasakan kemampuan anak mereka menjadikan mereka merasa bangga. Sangat
bersemangat karena ini merupakan penemuan yang baru. Tetapi, ini hanyalah titik
awal. Anak-anak dapat melupakan bagaimana mereka memasuki kondisi jalannya
midbrain.Lama-kelamaan, sanggup menjadikan midbrain kembali dalam kondisi
tertidur dan tidak melihat. Jadi, memerlukan latihan setiap hari hingga stabil.
Yang dimaksud dengan stabil adalah anak-anak dapat sewaktu-waktu melakukan
menutup mata sambil mengenal warna, mengenal huruf, membaca, mengenali
benda-benda dan lain sebagainya. Disaat mereka tidak mudah kehilangan kemampuan
mereka. Kecuali dalam jangka waktu lama tidak digunakan.
2. Masa Pendalaman
Banyak orang tua berhenti bila mencapai masa stabil. Karena mereka tidak
mengetahui bahwa anak masih memiliki potensi yang menunggu untuk dikembangkan.
Seorang anak yang benar-benar menggunakan midbrain memiliki karakter yang seimbang,
hubungan antar manusia yang baik, suka menolong orang, pandai bergaul, prestasi
belajar menonjol dan lain sebagainya. Dan juga, mereka juga dapat menggunakan
kemampuan Extra Sensory Perception / ESP. Misalkan, mereka dapat memprediksi
cuaca besok pagi sehingga dapat merencanakan bagaimana bila keluar rumah.
Potensi ini memerlukan latihan penggunaan midbrain yang terus-menerus dari si
anak; dari menutup mata yang dasar berlatih kemampuan menembus pandang; hingga
tidak perlu menutup mata, hanya menutup mata dalam berlatih kemampuan menembus
pandang; kemudian hingga membuka mata dalam berlatih kemampuan menembus
pandang; hingga mencapai indera extra sensory. Pada akhirnya memasuki target
dominasi dengan midbrain; memulihkan potensi awal yang seharusnya dimiliki umat
manusia. Inilah yang disebut dengan talenta; sehingga mereka berubah menjadi
manusia baru dalam jaman modern ini. HUBUNGAN ANTARA METODE BELAJAR MENUTUP
MATA DAN METODE BELAJAR MIDBRAIN Nama Metode Belajar Menutup Mata diambil dari
sebuah fenomena yang dapat dihasilkan setelah midbrain diaktifkan. Berarti
bahwa anak tersebut dapat belajar dengan menutup mata. Tetapi bila ditambah
sebuah kata metode, maka artinya sama sekali berbeda. Metode Belajar
Menutup Mata memberikan kesan yang salah bagi banyak orang; bahkan ada beberapa
yang salah mengartikan. Banyak orangtua menanyakan bahwa anak memiliki mata
kenapa tidak digunakan malahan belajar sambil menutup mata; sepertinya agak
melawan alam atau aliran sesat. Arti yang dimaksudkan adalah metode belajar
menutup mata ini cukup efektif; semenjak itu, anak tidak perlu menggunakan mata
dalam belajar; bahkan memejamkan mata dalam menjalani hidupnya. Sebenarnya, tujuan akhir
setelah midbrain diaktifkan bukanlah meminta orang untuk belajar sambil menutup
mata atau memejamkan mata dalam menjalani hidup, tetapi membantu anak-anak
memasuki kondisi terbimbing mifbrain. Sehingga mereka dapat secara seimbang
menggunakan otak kanan dan otak kiri serta mengembangkan potensi terbesar dari
daya otak. Memejamkan mata membantu anak memasuki interbrain. Setelah terbiasa
menggunakannya, tidak perlu menutup mata juga dapat menggunakan midbrain; yaitu
dengan membuka mata juga dapat mengembangkan keseimbangan otak kanan dan otak
kiri; sehingga otak kanan dan otak kiri berkembang secara seimbang. PERTANYAAN
YANG SERING DIAJUKAN Mengapa dapat melihat dengan menutup mata? Dapatkah
melihat setan? Gelombang otak yang dipancarkan oleh midbrain dapat membuat
orang melihat dengan menutup mata. Setan tidak memiliki wujud; gelombang otak
tidak dapat merasakannya, sehingga setan tidak terlihat. Mengapa midbrain dapat
tertutup? Karena tekanan dan kesedihan. Kesedihan merusak otak; sedangkan rasa
gembira membuka otak. Bila belum memasuki dominasi midbrain, setelah diaktifkan
dapat tertutup kembali. Sehingga memerlukan latihan yang sering untuk memasuki
kondisi terdominasi oleh midbrain. Apakah interbrain setiap anak dapat
diaktifkan? Ada hambatan apa saja?Berdasarkan catatan pelajaran GMC, midbrain
pada sekitar 70-80% anak, pada pelajaran pertama dapat berhasil diaktifkan.
Asalkan anak tersebut memiliki jiwa yang sehat dan bersedia bekerjasama, dengan
usia antara 5-12 tahun, midbrain dapat diaktifkan. Hambatan dalam mengaktifkan
midbrain antara lain adalah: tekanan, ketakutan, kurang percaya diri, curiga,
tidak mau menerima, berpikir yang tidak-tidak dan lain sebagainya. Bila anak
kita memiliki hambatan tersebut diatas, bagaimanakah penanganannya? Orang tua
dan anak perlu membangun hubungan dan komunikasi yang baik; saling membantu
mengatasi hambatan. Menyemangati anak untuk secara rileks mengikuti pelajaran
aktivasi. Bila diperlukan, dapat meminta wakil dari GMC untuk membantu. Bila
aktivasi pertama kali tidak berhasil, mohon tidak langsung putus asa dan terus
melanjutkan pelatihan. Setelah midbrain anak diaktifkan, apakah dapat
menyebabkan gegar otak karena terlalu banyak menggunakan daya otak? Tidak
dapat; setelah midbrain teraktivasi, anak akan menggunakan tiga otak secara
seimbang; sehingga tidak terjadi gegar otak. Metode untuk mengaktifkannya
menggunakan teknik alami seperti suara, musik, warna, suasana dan lain
sebagainya; tidak ada faktor dari luar yang dimasukkan kedalam tubuh (seperti
minum obat, suntikan, menggunakan gelang listrik kepala dan lain sebagainya).
Tubuh dan otak anak masih sama seperti pada awalnya. Sebaliknya, orang yang
midbrainnya belum teraktivasi hanya menggunakan sebagain kecil dari otak
kirinya; sehingga dapat mengakibatkan terlalu keras menggunakan daya otak.
Pelajaran dan pelatihan kecerdasarn semacam ini meliputi apa saja? Perlu
mengeluarkan berapa banyak biaya untuk mengikuti pelatihan kecerdasan ini?
Selain mengaktifkan interbrain, pelajaran satu setengah hari juga mengajarkan
mind mapping, speed reading, excellence learning dan lain sebagainya kepada
anak; sehingga anak lebih santai dan gembira dalam membaca. Sebenarnya ini
merupakan pelajaran yang paling murah di pasaran; pelajaran lainnya (piano,
kesenian dan lainnya) memerlukan waktu yang panjang dan biaya yang banyak.
Mengaktifkan midbrain hanya memerlukan satu setengah hari; seumur hidup tetap
berguna!
CARA MENGAKTIFKAN OTAK TENGAH Jalan menuju Genius
1. Apa itu midbrain
(mesencephalon) dan apa tujuan mengaktifkan otak tengah? Otak tengah adalah
jembatan untuk menghubungkan dan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan.
Mengaktifkannya akan memungkinkan baik otak kiri maupun kanan berfungsi secara
normal. Pengaktifan otak tengah mengembalikan kekuatan otak pada keadaan
semulanya.
2. Apakah manfaat dari pengaktifan otak tengah? Ketika otak tengah
diaktifkan , anak anda akan memiliki akses yang mudah ke baik otak kiri maupun
kanan. Dengan akses mudah ini, mereka akan belajar, membaca dan mengahafal
benda-benda dalam kecepatan yang lebih cepat dan dengan demikian meningkatkan
keyakinan, minat dan konsentrasi mereka dalam belajar.
3. Apakah tujuan dari
penutupan mata dengan kain? Dapat melihat ketika mata ditutup merupakan
fenomena bagi mereka yang otak tengahnya telah diaktifkan.Oleh karenanya BFR
adalah cara untuk membuktikan kepada orang tua bahwa otak tengah telah
diaktifkan.
4.Bagaimana kursus dilaksanakan? GMC tidak menggunakan kekuatan
supernatural, meditasi dan hipnosis di dalam kelas. Kursus murni pendidikan
secara alami.Murid harus bekerjasama untuk memperoleh manfaat darinya. Dalam 1
? hari materinya adalah:a) Bagaimana masuk ke dalam Keadaan Genius dari
pembelajaran.b) Pengaktifan otak tengahc) Menggunakan BFRd) Pembinaan keyakinan
dan meningkatkan konsentrasie) Membaca cepat dan konsep pemetaan otak dasar.
5.
Apakah orang tua diperbolehkan selama kursus? Murid-murid perlu memberikan
konsentrasi dan perhatian penuh dalam kelas. Oleh karenanya, orang tua tidak
diijinkan di dalam kelas untuk mengurangi gangguan terhadap anak-anak. Orang
tua diundang untuk menghadiri brifing pada akhir sesi pada hari kedua. 6.
Apakah manfaat mengikuti Metode Blindfold Reading? Sebagian besar anak-anak
mengalami peningkatan dalam ingatan, konsentrasi, kreativitas, persepsi dan
stabilitas emosi.Ketika mereka tumbuh, hormonnya akan seimbang dan memiliki
kesehatan yang baik.
7. Apa peranan orang tua dalam BFR? Orang tua harus
mengarahkan dan mendorong anak-anak mereka untuk latihan selama 10-15 menit
tiap hari. Mereka harus positif, mendorong dan melakukan latihan untuk waktu
yang menyenangkan bersama. Kebahagiaan merupakan kunci untuk pengaktifan otak
tengah. Ini penting untuk dicatat bahwa anak-anak mereka telah latihan sebelum
belajar. Latihan BFR akan menjadi kegiatan sepanjang hidup sebab ini jalan
menuju genius.
8. Apakah otak tengah ditutup setelah kegiatan? Untuk mencegah agar
otak tengah tidak tertutup, anak-anak membutuhkan latihan 10-15 menit
sekurang-kurangnya tiga kali seminggu. Paling baik latihan tiap hari, seperti
persiapan latihan sebelum belajar. Bahkan ketika anak-anak masuk universitas,
mereka perlu melakukan hal yang sama. Ini tugas sepanjang hidup untuk melatih
otak tengah agar tetap aktif. Apa itu Blindfold Reading Method? Blindfold
Reading Method merupakan cara yang didisain untuk mengaktifkan kemampuan otak
tengah dan kemampuan otak tengah yang dapat menyeimbangkan otak kiri dan otak
kanan. Pangujian Standar Blindfold Method Selesai kursus 1 ? hari, anak kita
akan diuji dengan menutup mata mereka untuk melihat dan membaca tanpa
menggunakan mata telanjang. Ini adalah karena setelah otak tengah diaktifkan
satu fenomena akan terjadi yaitu anak-anak kita dapat melihat dan membaca walaupun
mata mereka ditutup dengan kain. Latihan selanjutnya yaitu otot-otot mata dan
tangan akan mengaktifkan lagi kemampuan seperti semula. Anda hanya perlu
melatih anak-anak anda selama 15 menit saja setiap hari. Manfaat Blindfold
Reading Method Banyak ilmuwan telah memberikan penjelasan teori tentang
fungsi-fungsi otak kiri dan otak kanan. Menurut penyelidikan yang mutakhir,
manusia yang otak kanan dominan akan memproses informasi dan bereaksi dengan
cara yang berlainan.Kebanyakan teori mengataka bahwa siapa saja yang otak
kanannya dominan akan bersifat emosional dan bertindak dengan mengikuti
perasaan, suka menghayal. Apabila otak kiri yang dominan akan bereaksi secara
lebih logis. Murid-murid yang otak kirinya dominan akan menunjukan sifat yang
lebih teratur. Mereka akan menganalisa informasi serta memprosesnya secara
teratur.Selain dari pada itu, murid-murid yang otak kirinya dominan lebih
ber-hati-hati dan mengikuti peraturan, menunjukkan kemampuan yang kuat dalam
matematik dan ilmu serta dapat menjawab persoalan dengan cepat. Dengan demikian
, kepribadian seseorang itu akan ditentukan oleh jenis dominan otak kita.
Bagaimanakah dengan pelajar yang otak tengahnya dominan? Mereka akan
menunjukkan sifat yang seimbang antara otak kiri dan otak kanan. Maka,
kemampuan otak tengah merupakan rahasia menuju sukses. Otak
tengah berfungsi seperti pusat kendali untuk otak kiri dan otak kanan dan
kemampuan seperti semulanya dapat menonjolkan lagi kehebatan otak manusia.
Keistimewaannya adalah:
a) Meningkatkan kemampuan pengingatan
b) Dapat
mendorong perhatian
c) Kreatif
d) Mengimbangkan hormone
e) Kestabilan emosi
Menutup mata murid-murid hanyalah untuk menunjukkan bahwa otak tengah seorang
murid telah diaktifkan. Tujuan kami bukanlah menutup mata. Menutup mata hanya
tahap pertama dimana murid-murid itu belajar konsentrasi. Murid-murid tidak
perlu membalut mata apabila telah mencapai tahap yang tinggi.
aguscemprenkpm.blogspot.com/
o
o
pengalaman prakerin saya di rejeki sangat menyenangkan, dan mendapatkan pengalaman yang
sangat berguna bagi belajar saya. pengalaman yang paling ...
abiedfebrianzz.blogspot.com/2014/04/pengalaman-prakerin-ku-pkl.html
o
18 Apr 2014 - Pengalaman Prakerin ku
( PKL ) di Sebuah perusahaan Retail PT. Lottemart Wholesale store 18 Bekasi smk
karya guna bhakti 2 kota bekasi ...
nkknkknkk.blogspot.com/2013/01/pengalaman-prakerin-yang-telah.html
o
o
Pada tanggal 29 September 2012 Peserta Prakerin gelombang
Pertama dilepaskan untuk melaksanakan prakerin di berbagai
daerah, kantor atau instansi.
rizkyelchan.blogspot.com/2013/11/pengalaman-prakerin.html
o
24 Nov 2013 - Sebelum saya menceritakan pengalaman,
saya terlebih dahulu akan menjelaskan apa itu prakerin. Prakerin adalah
singkatan dari Praktek ...
blogrezakarina.blogspot.com/.../pengalaman-prakerin-di-ptindosat-tbk.ht...
o
15 Nov 2013 - Saya mau cerita dikit nih tentang pengalaman
Prakerin saya , semoga cerita saya tidak membosankan bagi yang baca
karna semua ini aku ...
desakrantikap.blogspot.com/2012/11/pengalaman-prakerin-saya.html
o
o
4 Nov 2012 - Pengalaman Prakerin Saya.
Hyhy... Kenalin ya nama saya Desak Nym Rantika Dewi. cukup panggil desak aja.
sekolah di SMK N 1. Denpasar ...
ismaokta.blogspot.com/2012/.../pengalaman-prakerin-praktek-industri.ht...
o
o
4 Nov 2012 - Mendengar kata prakerin,
mungkin nggak asing buat teman - teman SMK dan teman - teman kuliah yang lagi prakerin.
Oke, Prakerin (Praktek ...
lifestyle.kompasiana.com/.../suka-duka-prakerin-praktik-kerja-industri-5...
o
o
13 Mar 2013 - Prakerin atau Praktik
kerja industri untuk menambah wawasan siswa pada dunia kerja dan dunia
industri. Setiap siswa dibekali pengalaman ...
superi88.blogspot.com/2013/02/pengalaman-saat-prakerin.html
o
o
17 Feb 2013 - pengalaman yang saya
peroleh ketika prakerin yaitu seperti halnya saya dapat
merasakan bagaimana sibuknya seperti pegawai dan ...
erisa-santika.blogspot.com/.../pengalaman-prakerin-di-pt-taspen-persero....
o
o
14 Feb 2013 - Pengalaman Prakerin.
Sebelumnya..ini adalah cerita Gaje ku..Dan bahasanya juga non formal plus
acak-acakan.jadi,harap dimaklum yaa ...
Penelusuran
yang terkait dengan pengalaman prakerin